KISI – KISI SOAL UKK IPA 8

 

Standar Kompetensi 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar 5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya

  1. Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang pengaruh gaya terhadap benda.
  2. Disajikan data, siswa dapat menentukan contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
  3. Disajikan gambar, siswa dapat menghitung resultan gaya pada gambar.
  4. Disajikan beberapa contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat memilih gaya gesek yang menguntungkan.

Kompetensi Dasar 5.2 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari

5. Siswa dapat menghitung berat benda.
6. Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan bunyi hukum Newton.
7. Siswa dapat menyimpulkan bunyi hukum Newton II.
8. Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan bunyi hukum Newton.
9. Disajikan gambar, siswa dapat menghitung percepatan benda.

Kompetensi Dasar 5.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

10. Disajikan gambar, siswa dapat menentukan perubahan enegi pada gambar.
11. Siswa dapat menghitung energy potensial pada benda
12. Disajikan gambar, siswa dapat menghitung besarnya usaha pada gambar.
13. Siswa dapat menghitung daya sesuai persamaan P = W/t

Kompetensi Dasar 5.4 Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

14. Siswa dapat menentukan peralatan yang merupakan tuas jenis pertama.
15. Disajikan gambar, siswa dapat menghitung keuntungan mekanis tuas
16. Disajikan gambar, siswa dapat menentukan kelompok pesawat sederhana.

Kompetensi Dasar 5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

17 Disajikan gambar, siswa dapat meramalkan besarnya tekanan pada posisi 1 dan posisi 2.
18. Disajikan gambar, siswa dapat menghitung tekanan hidrostatis pada gambar.
19. Disajikan gambar, siswa dapat menghitung besarnya gaya sesuai dengan hukum Pascal
20. Disajikan gambar, siswa dapat menghitung massa jenis zat cair berdasarkan hukum bejana berhubungan.
21. Disajikan gambar, siswa dapat menganalisis hubungan besarnya berat benda dan gaya keatas berdasarkan hukum Archimedes.

Standar Kompetensi 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari

Kompetensi Dasar 6.1 Mendeskripsi-kan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya

22. Disajikan gambar, siswa dapat menentukan gerakan yang menunjukkan satu getaran.
23. Siswa dapat menghitung besarnya periode suatu getaran
24. Disajikan gambar, siswa dapat menentukan jumlah gelombang yang terbentuk pada gambar.
25. Disajikan gambar gelombang transversal, siswa dapat menghitung panjang gelombang.
26. Siswa dapat menghitung cepat rambat gelombang.

Kompetensi Dasar 6.2 Mendeskripsi-kan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari

27. Siswa dapat menyimpulkan kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan cepat rambat bunyi dan cahaya
28. Disajikan informasi, siswa dapat menyebutkan daerah bunyi yang terdapat pada informasi.
29. Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat memilih syarat terdengarnya bunyi oleh manusia.
30. Disajikan gambar, siswa dapat menyimpulkan karakter bunyi yang terlihat pada gambar.
31. Siswa dapat menghitung cepat rambat bunyi pada bunyi pantul

Kompetensi Dasar 6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa

32. Siswa dapat menyebutkan benda yang dapat memantulkan cahaya secara teratur.
33. Disajikan data, siswa dapat menentukan sifat bayangan pada cermin datar
34. Disajikan gambar, siswa dapat menentukan perbesaran bayangan pada cermin cekung
35. Siswa dapat menentukan gambar lensa Plankonveks
36. Siswa dapat memilih gambar yang tidak sesuai dengan jalannya sinar istimewa pada lensa cembung

Kompetensi Dasar 6.4 Mendeskripsi-kan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

37. Disajikan gambar cacat mata, siswa dapat menentukan jenis cacat mata pada gambar dan lensa yang membantunyaM
38. Siswa dapat memilih gambar yang paling tepat dalam penggunaan LUP agar mendapatkan bayangan yang sebesar-besarnya.
39. Siswa dapat menghitung pembesaran pada mikroskop
40. Siswa dapat menyebutkan alat optik yang digunakan untuk mengamati benda-benda di permukaan laut

Pos ini dipublikasikan di Fisika. Tandai permalink.

2 Balasan ke KISI – KISI SOAL UKK IPA 8

  1. chusnulmuali berkata:

    kalau belum tahu caranya…tanya doonggg gratis kok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s